Cara mendaftarkan Custom Domain (TLD)

Share:
Pada artikel kali ini saya akan memberikan tips bagaimana cara mendaftarkan custom domain atau TLD. Selamat membaca.

Pertama-tama saya akan jelaskan secara singkat dan padat apa itu TLD.

Top Level Domain atau yang biasa disingkat menjadi TLD adalah extension atau kata yang biasanya ada di belakang suatu domain. Contoh : .com, .net, .org, dll.


TLD sendiri dibagi menjadi 2, yaitu Global-Top Level-Domain(gTLD) dan Country Code Top-Level-Domain(ccTLD) . Sebenarnya masih ada satu tipe lagi dari TLD, yaitu Infrastructure Top-Level-Domain. Namun, akan kita bahas di lain waktu.

gTLD adalah ekstensi yang bersifat global. Contoh : .com, .net, .org, dll. Biasanya gTLD terdiri dari 3 huruf.

Sedangkan untuk ccTLD adalah ekstensi yang bersifat lokal. Contoh : .co.id, .or.id, .sch.id, dll. Biasanya untuk mendapatkan ccTLD ada persyaratan khusus yang dibutuhkan seperti foto kopi KTP, NPWP, dll.
Oke, sekarang kita sudah mengerti sedikit tentang TLD sekarang waktunya kembali ke topik. Yang Aratarista akan beri tips adalah Bagaimana Cara Mendapatkan Domain gTLD, untuk domain ccTLD akan di bahas di lain waktu.

Untuk mendapatkan domain gTLD kita dapat membelinya di beberapa  tempat, ada yang dari luar seperi GoDaddy.com dan dari dalam negeri seperti IDwebhost.com, saya sendiri lebih menyaran kan memakai idwebhost dikarenakan kualitas pelayanan yang sudah terjamin berdasarkan pengalaman saya.

Oke langsung aja, cara untuk mendapatkan domain di idwebhost sebagai berikut :

1. Buka website idwebhost

Halaman IDwebhost.com sederhana sehingga anda akan mudah dalam memahaminya.





2. Anda tuliskan domain yang anda cari di search box


Dibawah search box akan muncul apakah domain yang anda cari ada atau tidak. Jika ada anda klik salah satu dari dua tombol dibawah tulisan ‘Available’, sesuaikan dengan kebutuhan anda. 

Setelah itu, anda harus mengisi formulir pendaftaran, isi datanya selengkap mungkin, isian yang diberi tanda bintang(*) itu berarti isian tersebut HARUS diisi, TIDAK BOLEH kosong.


4. Setelah anda mengisi formulir, anda klik ‘Checkout’ dan anda akan diberi rekapitukasi dari data yang anda isikan tadi, baca secara teliti, periksa apakah ada kesalahan atau tidak.





5. Setelah anda melakukan langkah-langkah tersebut, cek email anda, anda akan mendapatkan email tentang detail order dan cara pengaktifan domain yang anda daftarkan tadi.



Sampai disini anda telah selesai mendaftarkan domain anda, anda tinggal membayar biaya sewa sesuai yang tercantum di email, lalu anda konfirmasi pembayaran anda ke IDwebhost.com . Ada beberapa cara untuk konfirmasi pembayaran namun yang paling mudah menurut saya adalah mengisi formulir konfirmasi di https://idwebhost.com/konfirmasi


Domain anda akan aktif maksimal 1 x 24 jam setelah pembayaran anda berhasil.

Sekian dulu tips dari saya. Semoga Bermanfaat. Artikel selanjut saya akan membahasa cara mengkonfigurasi domain ke blogger.



4 komentar:

  1. Terima kasih gan list informasinya. Namun untuk saya biasa menggunakan hosting unlimited termurah di provider http://unmetered.co.id, harganya juga murah dan berkualitas. Kalau untuk hosting grating saya bisa menggunakan di webhosting.web.id. Semoga bermanfaat

    BalasHapus

  2. Saya ada beberapa referensi domain dan hosting murah dengan akses unlimited, sudah 3 tahun beberapa website saya taruh di unmetered.co.id dan serverdisk.net. Selamat berkarya kawan..

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Komentarlah dengan baik. Jangan berisikan isu-isu SARA. Jangan menggunakan bahasa-bahasa kotor.