Cara Menginstall Python pada Windows

Share:
Setelah pada artikel sebelumnya kita terlebih dahulu mengenal apa itu python, di artikel ini kita akan memulai tahap persiapan untuk belajar python. Jika anda belum mengenal apa itu python, silahkan anda baca artikel saya tentang pengenalan terhadap python sebelum melanjutkan artikel ini.

Proses instalasi python di windows sangatlah gampang. Namun ada beberapa konfigurasi yang harus dilakukan di proses instalasi agar python dapat diakses dari command prompt (CMD).

Download Python 

File Instalasi python dapat anda download di situs resmi Python. Versi python yang kita gunakan untuk pembelajaran adalah Python 3.6

Download Python 3.6
Download Python 3.6

NB : Python 3.6 dengan Python 2.7 memiliki perbedaan cukup signifikan dalam tata cara penulisan syntax, oleh karena itu pastikan versi python yang anda dowload benar.

Proses Instalasi

Setelah anda mendownload file instalasi, langkah selanjutnya adalah menjalankan file instalasi.Proses instalasi relatif sama seperti menginstall software lainnya pada windows, yang perlu diingat adalah anda harus mengaktifkan konfigurasi untuk memasukkan path python agar dapat diakses oleh command prompt seperti pada gambar dibawah. 


Add python.exe to Path agar dapat dijalankan dari CMD


Konfigurasi Manual Path Python

Jika anda terlanjur untuk tidak melakukan konfigurasi path pada saat proses instalasi, jangan khawatir ! Anda dapat mengkonfigurasikannya secara manual. Silahkan anda buka artikel saya lainnya tentang cara menjalankan python dari command prompt.

"Hello World !" dengan python

Setelah menyelesaikan seluruh tahap instalasi dan konfigurasi, saatnya anda menjalankan program pertama anda dengan Python

1. Buka aplikasi IDLE 

Belajar Python

NB : IDLE merupakan code editor bawaan dari python

2. Lalu tulis kode dibawah ini

print("Hello World")
Penjelasan :
  1. print, merupakan fungsi dalam python untuk mengeluarkan output ke monitor.
  2. "Hello World", merupakan pesan teks yang akan anda tampilkan ke monitor.
  3. Format fungsi print
print(output)

Setelah mengetikkan kode diatas, anda tekan Enter

3. Output

Jika menghasilkan output seperti dibawah, Selamat ! anda telah berhasil membuat program pertama anda dengan bahasa python

 

NB : Anda juga dapat menjalankan kode editor python dengan menuliskan perintah berikut pada command prompt
py


Sekian dahulu artikel ini, artikel selanjutnya akan membahas tipe data dalam python.


Tidak ada komentar

Komentarlah dengan baik. Jangan berisikan isu-isu SARA. Jangan menggunakan bahasa-bahasa kotor.