Mengenal Bahasa Pemrograman Python

Share:
Apa itu python? Mungkin itulah yang ada dalam benak kalian semua yang membaca artikel ini. Tapi tenang, di artikel ini saya akan membahas apa itu pyhton dan apa saja yang dapat dibuat dengan python sebelum melangkah lebih jauh dengan python.

Sejarah Python

Python merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan berdasarkan bahasa pemrograman ABC oleh Guido van Rossum pada akhir dekade 1980-an.  Berawal dari saat dia sedang mengerjakan sebuah proyek di CWI dengan menggunakan bahasa pemrograman ABC, dia menemukan banyak kesulitan dengan bahasa pemrograman tersebut sehingga dia memutuskan untuk mencoba membuat versi dia sendiri dari bahasa pemrograman ABC yang simpel tapi powerful. Akhirnya pada tahun 1989, setelah menyelesaikan konsep bahasa pemrograman tersebut, dia memulai membuat interpreter bahasa tersebut dan menamakannya Python.

Apa itu Python?

Setelah mengenal sejarah dari bahasa python, sekarang waktunya kita mengenal lebih dekat dengan bahasa python ini.

Python merupakan salah satu bahasa multi-fungsi, atau dalam bahasa kerennya General Purpose Language. Sesuai dengan istilahnya, python dapat digunakan untuk berbagai fungsi, mulai dari membuat software desktop, web development, bahkan anda juga dapat membuat artificial intelligent anda sendiri dengan python. Selain itu python juga terkenal dikalangan Data Scientist untuk pengolahan data yang bagus dan efisien.

Python terkenal akan kemudahannya untuk dipahami. Anda dapat memahami python hanya dengan membacanya layaknya membaca tulisan dalam bahasa inggris. Sehingga sangat cocok dipelajari bagi pemula yang tidak memiliki dasar pemrograman sama sekali.

Selain itu, perkembangan python belakangan sangatlah pesat dan komunitas penggunanya sangatlah besar yang membuat kita mudah untuk mencari source code dalam python ataupun forum diskusi mengenai python membuat python mulai banyak digunakan oleh perusahaan besar seperti Google.

Kenapa harus belajar Python?

Why beginners should learn Python

Seperti disebutkan sebelumnya, python merupakan bahasa pemrograman yang simpel dan mudah dipahami. Bentuk sintaks yang sangat mirip dengan bahasa sehari-sehari memudahkan untuk dipahami. Selain itu, penulisan sintaks dari bahasa python sangat efisien. Anda dapat perhatikan perbandingan dibawah ini.

C/C++

#include<iostream>
#include<cstdio>
using namespace std;

int main(void){
printf("Hello World!");
return 0;
}

Python

  print("Hello World")

Terlihat bukan perbedaan signifikannya? Untuk menghasilkan program yang sama, python jauh lebih efisien dibandingkan dengan C/C++, dan tentu lebih mudah dipahami.

Sudah jelas bukan kenapa anda harus belajar python?

Sekian dulu, artikel selanjutnya kita akan membahas cara menginstall Python pada Windows dan konfigurasinya.

Tidak ada komentar

Komentarlah dengan baik. Jangan berisikan isu-isu SARA. Jangan menggunakan bahasa-bahasa kotor.